Saturday 17 January 2015

Apa itu AMI-C (AUTOMOTIF MULTIMEDIA INTERFACE COLABORATION)?

Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia- (Automotive Multimedia Interface Colaboration - AMI-C)

SEJARAH

AMIC – The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan.

AMI-C adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C adalah mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi.

Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas.

The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
·         AMI-C 3023 Power Management Specification
·         AMI-C 3013 Power Management Architecture
·         AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
·         AMI-C 3034 Power Management Test Documents
·         AMI-C 4001 Revision Physical Specification.

PERUSAHAAN YANG TERLIBAT AMI-C
Beberapa perusahaan terlibat dalam organisasi AMI-C ini. Mereka bisa dibagi dua jenis yaitu perusahaan otomotif-nya (Vehicle Coorporation) dan perusahaan pendukung (Support Coorporation).
Yang menjadi Vehicle Coorporation antara lain:
  • FIAT, Ford Motor Company
  • General Motors
  • Honda
  • Nissan
  • Toyota
  • Renault
  • PSA Peugeot Citroen
Yang menjadi Support Coorporation antara lain:
- AAA
- ACUNIA
- Alpine Electronics
- B2i
- Delphi
- Denso Corporation
- Harmonia, Inc.
- Infineon
- Kshema Technologies
- Mecel
- Mindready
- Molex
- Motorola
- NavTech
- Parrot
- Sensoria Corp.
- Sumitomo Electric Industries
- Sun Microsystems
- Tata Elxsi
-Toshiba KN Systems
- Tyco Electronics
- Visteon
- Wipro Technologies
- Xanavi
- XM Satellite Radio

PENGERTIAN

Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
AMIC (Automotive Multimedia Interface Collaboration) atau Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang mengurusi atau memberikan standar kepada perusahaan otomotif dalam membangun interface (antarmuka) multimedia pada kendaraan yang akan diproduksi oleh perusahaan otomotif.

Sistem multimedia yang ada di dalam sistem otomotif meliputi sistem dari kendaraan itu sendiri, sistem kendaraan yang terhubung dengan mobile system, dan sistem entertaiment (hiburan) yang ada di dalam mobil.

VISI DARI AMI-C
Semua produsen otomotif dunia dan pemasok mereka mencapai konsensus tentang persyaratan inti umum untuk informasi mobile dan sistem hiburan.

MISI DARI AMI-C
Membentuk organisasi industri otomotif global yang didedikasikan untuk menciptakan persyaratan umum yang:

  • Aktifkan OEM untuk mengambil keuntungan dari perkembangan terkini dalam informasi mobile dan sistem hiburan
  • Aktifkan pengurangan biaya untuk informasi mobile dan sistem hiburan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan informasi mobile dan sistem hiburan
  • Meningkatkan aman di dalam kendaraan operasi sistem informasi dan hiburan seluler
  • Meningkatkan partisipasi dalam pengembangan informasi mobile dan sistem hiburan
  • Meningkatkan kualitas informasi mobile dan sistem hiburan
CONTOH IMPLEMENTASI DARI AMI-C


Kelebihan dan Kekurangan dari Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia

Kelebihan :
  • Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
  • Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
  • Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
  • Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Kekurangan :
  • Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada sistem ini pasti memiliki harga yang tidak murah.
Saran :
  • Dengan kemajuan teknologi seperti ini harus dilengkapi dengan keamanan sistem yang melindungi dari berbagai ancaman, baik dari aplikasi maupun databasenya sehingga tidak mengganggu proses kerjanya. Dan setiap kemajuan teknologi ditujukan untuk mempermudah penggunanya. Namun, kembali lagi pada masing-masing pengguna, agar memperhatikan lingkungan agar tetap aman, nyaman memiliki dan menciptakan suatu inovasi dalam pengembangan Automotif Multimedia Interface Colaboration sehingga tercapainya kepuasan pengguna.


sumber :
http://tikacrud.blogspot.com/2011/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html



No comments:

Post a Comment